5 Pemicu Terjadinya Flek Hitam Pada Wajah !

Haii Classy People, setuju ga sih kalo flek hitam di kulit wajah bikin ga pede ? , kadang mimin juga mikir si kenapa harus ada flek hitam pada wajah yang bikin mimin jadi insecure untuk menjalani hari.. ciyeelaah

nah sebernya flek hitam itu apa sih? naah Flek hitam / ephelis merupakan noda atau bercak berwarna kehitaman yang terdapat di wajah akibat pigmentasi kulit secara berlebihan. Kondisi ini umum dan biasanya tidak membahayakan diri bagi penderitanya.

Nah Penyebab nya apa aja si?? yuk simak 5 Pemicu Terjadinya Flek Hitam Pada Wajah

1.Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah. Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Yang kemudian memunculkan flek hitam pada wajah.

Tidak hanya itu, wajah yang terekspos sinar matahari secara terus-menerus juga bisa menyebabkan kanker kulit lho. Maka sangatlah penting untuk menggunakan tabir surya/ sunscreen sebelum keluar rumah.

tapi kalau mimin kebanyakan sinar matahari malah makin keling hehe..

2.Faktor Genetik

Tidak hanya faktor dari luar saja yang dapat menyebabkan flek hitam, namun faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam pada wajah. Orang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya akan cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

3.Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi pada kulit yang disebabkan oleh peningkatan melanin, zat dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit (pigmen. Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di area wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih sehingga flek hitam di wajah akan terlihat lebih jelas.

4.Bekas Jerawat

Tidak hanya jerawat yang dapat mengganggu penampilan kulit wajah. Begitu juga dengan bekas jerawat. Bekas jerawat seringkali meninggalkan bintik yang lama-kelamaan akan menjadi flek hitam. Biasanya bekas jerawat membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, dan jika kamu tidak berusaha menghilangkan bekas jerawat maka akan muncul flek hitam di wajah.

5.Faktor Usia

Selain 4 hal di atas Penyebab flek hitam timbul di wajah yang pertama adalah karena usia yang terbilang sudah tidak muda lagi. Hal ini disebabkan karena kulit yang kehilangan elastisitasnya, sehingga rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel yang rusak sejalan dengan bertambahnya usia. Flek hitam yang muncul karena usia disebut juga dengan lentigine. Untuk menghindarinya, kamu dapat menggunakan krim anti-penuaan sejak usia tiga puluhan.

Nah gimana jadi udah tau yaa apa faktor dan penyebab nya kan? kalau teman – teman ada sanggahan / pendapat lain boleh komen di bawah yaa / email ke padisonpomade@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *